Taruni Aprilia Erlita Lisnawati, atau yang sering disapa April, cukup menjadi sorotan bagi taruna/i instrumentasi STMKG. Pasalnya, beliau menjadi salah satu perwakilan dari Indonesia untuk mengikuti ASEAN Student Forum. Setelah mengikuti proses seleksi berupa pengisian form data diri, membuat essay, motivation letter, dan CV, akhirnya Taruni April lolos dan terpilih menjadi perwakilan Indonesia pada ASEAN Student Forum di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 25-28 September 2017 bersama mahasiswa lain dari ITB, Unair, ITS, UPI, UNJ, UNSRI, dan UII. Forum yang diselenggarakan oleh UTP (Universitas Teknologi Petronas) ini merupakan forum diskusi bagi pelajar-pelajar se-ASEAN yang berkesempatan untuk membicarakan permasalahan yang dihadapi masing-masing negara dalam 4 bidang, yaitu politik, sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Pengalaman Sebagai Penghargaan Besar

Terdapat serangkaian kegiatan yang dilakukan Taruni April dalam forum tersebut. Pada hari pertama berupa perkenalan dan penyampaian materi dari pembicara utama. Hari kedua, berupa penyampaian materi berdasarkan bidang yang dipilih dan debat bahasa inggris berkaitan dengan permasalahan bidang yang dipilih. Taruni April sendiri memilih bidang lingkungan karena tertarik dengan bidang tersebut. Hari ketiga yaitu konferensi seluruh delegasi untuk membicarakan permasalahan masing-masing negara dalam bidang politik, sosial, ekonomi, dan lingkungan, yang kemudian didiskusikan solusinya dan dideklarasikan, serta selanjutnya akan diajukan ke kesekretarian ASEAN. Hari keempat seluruh delegasi diberi kesempatan untuk melakukan trip di Kuala Lumpur.

Suatu kebanggaan dan kesan tersendiri bagi Taruni April yang berkesempatan mengikuti ASEAN Student Forum. Pasalnya, melalui forum tersebut pulalah Taruni April mencapai mimpinya untuk pergi ke luar negeri pertama kalinya sekaligus menjadi perwakilan Indonesia. Motivasinya untuk mengikuti even tersebut ialah karena beliau suka untuk bertemu orang-orang yang baru, ingin menambah pengalaman, dan relasi. Meskipun terdapat kendala yang dihadapi Taruni April karena belum terlalu fasihnya dalam berbicara bahasa Inggris, namun beliau tetap mencoba dan memberanikan diri. Penghargaan yang didapat Taruni April melalui forum tersebut ialah mendapat sertifikat, namun penghargaan yang paling berharga yakni pengalaman berharga selama mengikuti even tersebut.

Berawal dari Keberanian Bermimpi

Sebelumnya, beliau pernah duduk di Universitas Negeri Yogyakarta jurusan Pendidikan Fisika selama 2 semester ini, turut aktif dalam kegiatan himpunan mahasiswa di jurusannya, sehingga membuka informasi beliau berkaitan tentang berbagai lomba dan kegiatan. Berawal dari bangku SMP, beliau bermimpi untuk dapat melanjutkan studi ke luar negeri. Oleh karena itulah, beliau berpikir bahwa salah satu caranya adalah beliau harus bisa menulis, sehingga beliau mulai tertarik dengan menulis juga penelitian-penelitian. Semenjak itulah, beliau tertarik dan berani mencoba untuk mengikuti berbagai lomba. Meskipun telah banyak lomba telah diikuti sampai sekarang, ada pula kegagalan yang harus diterima. Namun, beliau berprinsip jangan pernah menyerah, karena segala sesuatu membutuhkan proses dan tidak didapat dengan instan.

Bergerak Maju

Taruni April yang juga tergabung dalam kepengurusan Ikatan Taruna Instrumentasi STMKG divisi kepenulisan ini dalam waktu dekat akan menjadi perwakilan dari timnya untuk mempresentasikan hasil karya ilmiah dan poster yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Kebumian Institut Teknologi Bandung. Beliau merasa senang atas peran ITARSI yang selalu aktif menyebarkan info-info lomba dan berbagai kegiatan, serta peran STMKG yang sangat mendukung berbagai kegiatan atau lomba yang diikuti taruna/i STMKG.

Beliau berpesan khususnya pada ITARSI kedepannya agar dalam kepengurusan ITARSI perlu lebih banyak pertemuan organisasi. Beliau juga berpesan pada taruni/i instrumentasi STMKG yang masih takut dan ragu dalam mengikuti lomba, agar kita semua dapat menjadi pribadi yang disiplin dan konsisten. Jika memang berniat mengikuti lomba, maka berani mencobalah dan mulai bergerak. Semoga taruna/i instrumentasi STMKG dapat lebih aktif lagi untuk mengikuti berbagai lomba dan even, baik di tingkat nasional dan internasional sehingga membawa harum nama STMKG di kancah global.

 

Farah Salsabila Adiguna

Instrumentasi 3B

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *