Kompetisi Muatan Roket Indonesia (KOMURINDO) dan Kompetisi Muatan Balon Atmosfer (KOMBAT) merupakan kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh LAPAN sejak taun 2009. Pada kompetisi muatan roket ini para mahasiswa di seluruh penjuru Indonesia berkompetisi dalam perancangan roket edf dan muatan roket, sedangkan pada kompetisi muatan balon atmosfer para mahasiswa dituntut untuk dapat membuat radiosonde yang digunakan untuk mengamati atmosfer dari permukaan bumi. Kompetisi ini terdiri dari 4 tahapan yaitu, tahap 1 (pengumpulan proposal) , tahap 2 (laporan perkembangan perancangan), workshop, dan tahap 4 (final/ uji peluncuran).

Tahun 2017 merupakan tahun pertama STMKG mengikuti kompetisi ini, STMKG diwakili oleh tiga tim untuk 3 kategori yang dilombakan. Tim STMKG Aero Alpha untuk kategori muatan balon atmosfer yang diwakili oleh Dinda Jaelani Hidayat, Achmad Maulana Rafi, dan Gde Krisna Lingga Aditama serta Bapak Agus Tri Sutanto sebagai dosen pembimbing, STMKG Aero Bravo untuk kategori wahana sistem kendali (roket EDF) yang diwakili oleh Naufal Ananda, Bima Tri Ariyanto, dan Hairatunnisa serta Bapak Anton Widodo S.Si sebagai dosen pembimbing dan STMKG Aero Charlie untuk kategori muatan roket yang diwakili oleh Anggi Patria Pramagusta, Shodiq Winarko dan Rizzal Fauzan serta Ibu Suharni MT sebagai dosen pembimbing. Ketiga tim berhasil lolos hingga tahap kedua yakni tahap laporan perkembangan perancangan. Pada tahap kedua ini, 2 tim STMKG berhasil lolos ke tahap final yakni STMKG Aero Alpha dan STMKG Aero Bravo.

Tahap final diselenggarakan di Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat pada tanggal 22-25 Agustus. Kedua tim berhasil lolos dalam tahap uji yang merupakan syarat untuk dapat mengikuti peluncuran. Kedua tim memang belum berkesempatan membawa trofi juara tahun ini, tetapi pengalaman dan ilmu-ilmu baru yang diperoleh dapat diaplikasikan untuk persiapan kompetisi berikutnya. Semangat berkarya! (HN)

 

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *