Ikatan Taruna Instrumentasi (ITARSI) kembali menyelenggarakan kegiatan open discussion yang diadakan pada hari Sabtu (21/10/17). Open discussion kali ini disampaikan oleh Senior Achmad Maulana Rafi yang sekaligus Ketua ITARSI STMKG. Materi mengenai “Interfacing Mikrokontroler Menggunakan Visual C#” sangat menunjang taruna /I mengembangkan kelimuan nya di bidang instrumentasi, karena alat yang BMKG pakai di stasiun semuanya sudah memiliki sistem interfacing untuk memudahkan dalam pengamatan.

Interfacing (antarmuka) adalah bagian dari disiplin ilmu komputer yg mempelajari teknik-teknik menghubungkan komputer dengan peralatan elektronika lainnya sehingga sering dianggap sebagai komputer atau mikrokomputer. Dalam kesempatan ini Senior Rafi berbagi tentang komunikasi serial yang biasa digunakan, dan bagaimana kita mendesain dan memprogram User Interface menggunakan bahasa Visual C#.

Terus Menggali Ilmu

Semakin hari peserta opdisc semakin banyak, kali ini tercatat lebih dari 60 peserta hitungannya melebihi kapasitas ruangan. Hal ini menunjukkan antusias taruna STMKG untuk belajar. Terlebih, teknik interfacing merupakan suatu hal yang menarik untuk dipelajari terutama untuk membuat skripsi maupun penelitian ilmiah yang diikuti oleh taruna/i instrumentasi. Selain itu Senior Rafi juga mengatakan bahwa ilmu jaringan ini juga harus di pelajari sendiri secara ototidak karena ilmu yang di berikan oleh kampus tentang jaringan masih sangat sedikit dan mendasar. Untuk itu para peserta khususnya taruna harus giat dalam mempelajari tentang dasar-dasar jaringan.

Tujuan di laksanakannya opdisc adalah agar sesama anggotanya dapat saling berbagi ilmu yang dimilikinya, khususnya tentang instrumentasi. Disini tidak ada batasan antara junior dan senior, siapa saja yang memiliki ilmu lebih dapat membagikannya dalam wadah ini. Dengan adanya organisasi ini di harapkan ke depannya siapa saja dapat berbagi ilmu dan juga agar kedepannya program instrumentasi memiliki orang-orang yang hebat dan berkompeten. ITARSI Bongkar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *