Hari Sabtu (04/11/17), diselenggarakan open discussion rutin yang dilakukan oleh Ikatan Taruna Instrumentasi (ITARSI) STMKG. Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja ITARSI yang bertujuan untuk saling berbagi ilmu yang mungkin tidak didapat pada saat kuliah. Materi tentang “Penulisan Jurnal Ilmiah” disampaikan oleh Senior Taruna Justinus Ristoadi sebagai Ketua Subdivisi Penulisan Ilmiah.

Tuntutan Menulis Ilmiah

Jurnal ilmiah merupakan salah satu jenis jurnal akademik dimana penulis mempublikasikan artikel ilmiah.  Terdapat berbagai jurnal ilmiah yang mencakup semua bidang ilmu, termasuk didalamnya yang berhubungan dengan jurusan Instrumentasi MKG seperti, fisika instrumentasi, sistem kontrol, teknik informasi dan komunikasi, dll. Sebagai taruna instrumentasi selain tuntutan dalam perancangan alat, harapannya taruna/i instrumentasi dituntut mampu menulis ilmiah yang baik, kedepannya akan berguna untuk skripsi dan lainnya. Penyampaian materi yang disampaikan kali ini diperoleh dari Dosen MPI, yaitu Bapak Ir. Putu Pudja. Menurut beliau, penulisan jurnal ilmiah diperlukan diperlukan teknik khusus dalam penulisan tersebut. Misalnya, teknik penulisan abstrak, penyajian data, metode, dan hasil penelitian. Misalnya, teknik penulisan abstrak, penyajian data, metode, dan hasil penelitian. Semuanya tidak terbatas materi yang disampaikan, diharapkan juga Taruna/i bisa mencari referensi yang lebih banyak lagi.

Mulai Menulis Ilmiah

Dalam opdisc yang diikuti oleh 16 taruna/i tersebut cukup menarik antusias peserta. Banyak pertanyaan yang dilontarkan, namun yang disayangkan adalah belum adanya praktik untuk teknik penulisan. Senior Justinus juga menyampaikan bahwa materi yang saya sampaikan, sangat bermanfaat untuk ke depannya, namun hal tersebut kembali lagi kepada taruna/i yang bersangkutan, harus tetap membaca banyak referensi agar lebih berkembang dan dapat mengimplementasikan ilmunya dan memulai untuk menulis. ITARSI Knowlegdeable!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *