ITARSI (Ikatan Taruna Instrumentasi) kembali menggelar Open Discussion –nya. Dalam rangka menyambut ITARSI FAIR, pada 2 Juni 2018 ITARSI menggelar Open Discussion dengan tema Arduino For Measuring Weather Parameters. Pada Sabtu, 30 Juni 2018, ITARSI kembali menggelar Open Discussion dengan tema Communication Networking, GUI Programming for Weather Measurements, and Web Design Tutorial for Beginners. Open Discussion ini sangat disarankan untuk diikuti oleh para peserta ITARSI FAIR untuk menambah kesiapannya.

Pada Open Discussion ini dilaksanakan pembekalan tiga materi secara terpisah, yaitu Communication Networking atau Jaringan Komunikasi, GUI Programming for Weather Measurements atau GUI, dan Web Design Tutorial for Beginners atau Web Desain. Karena peserta merukapan gabungan dari taruna seluruh tingkatan, maka pembekalan yang diberikan merupakan dasar-dasar materinya.

Pemateri Open Discussion Web Desain kali ini diamanahkan kepada Taruna Reza Aria  dari kelas Instrumentasi 6B angkatan 2015. Beliau juga merupakan Kepala Sub Divisi Website ITARSI pada periode 2018/2019. Beliau dipercayakan untuk menjadi pemateri karena kecakapan dan kemampuannya dalam menguasai materi ini serta dinilai mampu dalam menyampaikan materinya untuk kesiapan ITARSI FAIR.

Pada Open Discussion Web Desain kali ini, materi yang disampaikan yaitu dasar membuat website menggunakan wordpress pada localhost hingga dijadikan website online. Materi yang disampaikan mulai dari cara instalasi xampp, membuat database, instalasi wordpress pada localhost hingga membuat website dan meng-online-kan nya. Menurut Pemateri, antusiasmenya para peserta Open Discussion tinggi, karena mereka rata -rata belum pernah membuat dan mempelajari website dan juga banyaknya pertanyaaan-pertanyaan dari para peserta saat Open Discussion berlangsung.

Pemateri berharap, Taruna STMKG terutama pada Program Studi Instrumentasi dapat merancang dan menjadi developer website yang handal selain dari sisi teknisi yang handal serta dapat membuat suatu website yang nantinya dapat bermanfaat untuk kampus STMKG maupun BMKG.

“Ya, sangat bisa karena pada tahun ini saja IoT sedang berkembang seiring berjalannya peralatan MKG yang sudah harus otomatis serta komunikasinya juga yang harus otomatis dan cepat maka dengan website kita dapat membuat sistem monitoring maupun jalur komunikasi dari peralatan berbasis web.” Itu jawaban Pemateri saat ditanya apakah materinya dapat menunjang taruna/I mengembangkan  keilmuan di bidang instrumentasi. Wawancara pada kesempatan kali ini  ditutup dengan satu kata dari Taruna Reza terhadap ITARSI yaitu HEBAT!

Hari/Tanggal      : Sabtu, 30 Juni 2018

 Waktu                 : 13.00 WIB

Pemateri             : Tar. Reza Aria Nugraha (Instrumentasi B 2015)

Penulis                 : Tar. M. Fariz Arief (Instrumentasi B 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *