Hari Sabtu (09/09/17), diselenggarakan open discussion rutin yang dilakukan oleh Ikatan Taruna Instrumentasi (ITARSI) STMKG. Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja ITARSI yang bertujuan untuk saling berbagi ilmu yang mungkin tidak didapat pada saat kuliah. Materi tentang “Dasar-dasar Jaringan Komunikasi” disampaikan oleh Senior Anggie Patria Pramagusta, seorang taruna aktif STMKG kelas Instrumentasi 7A dan merupakan ketua subdivisi jaringan komunikasi ITARSI.

Jaringan Komunikasi Sebagai Fundamental Peralatan BMKG

Pemilihan materi jaringan komunikasi kali ini dikarenakan taruna instrumentasi semester awal belum mendapatkan materi tersebut di dalam perkuliahan, sedangkan  jaringan komunikasi merupakan hal penting yang mendasar pada suatu alat yang dipakai di BMKG.

Dalam sebuah sistem peralatan utamanya di BMKG, data yang diamati akan dikirim melalui suatu server ke database, sehingga jaringan komunikasi merupakan salah satu hal yang paling mendasar dalam kegiatan komunikasi data di BMKG. Dalam hal inilah materi yang saya sampaikan kedepannya bisa dikembangkan lagi untuk menunjang taruna untuk ke depannya. Jika taruna sudah mengetahui dasar-dasar jaringan komunikasi lebih awal, diharapkan taruna bisa lebih mudah mengikuti materi yang akan didapat di perkuliahan nantinya ataupun dalam merancang tugas akhir yang merupakan syarat wajib bagi kelulusan taruna di STMKG.  Jika nantinya Senior Anggie diamanahkan lagi sebagai pemateri, Ia ingin mengenalkan hardware dalam jaringan komunikasi, sehingga tidak hanya belajar secara teori, tetapi juga praktik.

Tercipta Komunikasi Interaktif

Opdisc yang diselenggarakan oleh ITARSI sebenarnya tidak hanya untuk memberikan materi kepada peserta saja. Namun, tujuan lain daripada hal tersebut adalah agar taruna terbiasa dengan suasana opdisc, terutama bagi junior anggota divisi di ITARSI. Pada saat anggota nantinya sudah memiliki ilmu lebih dibidangnya, hendaknya mereka dapat membagikan ilmunya sehingga ilmu yang telah didapat tidak akan terputus. Melalui opdisc ini bisa tercipta komunikasi dua arah, sehingga bisa saling diskusi dan bertukar informasi. Oleh karenya kegiatan ini harus terus berlanjut dengan materi-materi yang berkesinambungan, ataupun materi yang baru.

Terus Meningkatkan Kompetensi Diri

Senior Anggie berharap, taruna tidak hanya jago di kandang. Melalui perlombaan atau kegiatan keilmuan di luar dapat digunakan sebagai parameter untuk mengukur sekaligus meningkatkan kompentensi diri. Ilmu yang telah didapat di STMKG akan sangat bermanfaat sehingga ketika sudah turun langsung ke lapangan orang lain menaruh kepercayaan untuk dapat menjalankan tugas. Belajar bisa didapat dari sumber mana saja seperti, referensi jurnal ilmiah agar wawasan kita bertambah. Dengan tidak menunda pekerjaan, kita menjadi mempunyai lebih banyak waktu untuk memikirkan ide, dibanding menyesali waktu yang terbuang sia-sia akibat menunda pekerjaan. ITARSI. BONGKAR!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *