Masyarakat Indonesia saat ini umumnya senang berbagai informasi, hal tersebut dibarengi dengan perkembangan teknologi yang membuat penyebaran informasi menjadi kian sulit terbendung, salah satunya adalah melalui website. Melihat pentingnya hal tersebut, ITARSI (Ikatan Taruna Instrumentasi) STMKG melaksanakan Open Discussion pada 26 Agustus 2017 dengan topik “Pembuatan Website tanpa Koding” dengan pemateri Nur Huda, taruna jurusan Instrumentasi yang saat itu masih semester II.

Ditunjuknya Nur Huda sebagai pemateri saat itu bukan tanpa alasan, taruna kelahiran Malang, 24 November 1996 ini sudah beberapa kali menangani beberapa proyek, di antaranya yaitu saat mengolah sistem informasi website PTB-STMKG 2017, PTB Tugas Belajar STMKG 2017, dan pada pemilihan komandan resimen STMKG 2017/2017 dialah yang membuat aplikasi e-voting yang hal tersebut merupakan pertama kalinya di STMKG. Taruna lulusan jurusan Rekayasa Perangkat lunak di SMK PGRI 3 Malang ini sebelum kuliah di STMKG juga sempat magang dan bekerja sebagai Web Developer.

Antusiasme Besar

Open discussion tersebut merupakan open discussion pertama yang diadakan oleh ITARSI, tak heran jika peserta saat itu “membeludak”, sampai ada yang tidak kebagian tempat duduk, ada sekitar 60-an peserta dari berbagai tingkat di ruangan yang hanya berkapasitas 30 orang tersebut. Sepanjang diskusi tersebut, pemateri menjelaskan bagaimana membuat dan mengolah website dngan memanfaatkan sistem informasi yang sudah ada (WordPress). “Jadi kita itu tinggal membuat atau mengolah tampilan sesuai yang kita inginkan dengan menggunakan tema, dan untuk menambah fungsi tertentu bisa menggunakan plug in dll, dan yang terpenting kita memanfaatkan hosting gratis”, kata pemateri yang akrab dipanggil Mas Huda itu.

Ilmu yang Aplikatif

Setelah mengikuti open discussion tersebut, peserta diharapkan nantinya saat di UPT sudah bisa membuat atau meng-handle website kantor, “Kita ‘kan jurusan instrumentasi, di UPT nanti kita yang punya tugas itu, jadi kantor tidak usah lagi men-tender orang luar, apalagi kita tahu sendiri BMKG salah satu tupoksinya ‘kan menyebarkan informasi. Kalau rajin juga, kita juga bisa dapat penghasilan dari ngoding, yang penting buat program, atau mengembangkan project lalu dijual, atau bisa juga membuat web yang diisi iklan “, lanjut Mas Huda saat kami temui di kostnya.

Kegiatan open discussion seperti ini perlu dilaksanakan setiap pekan, khususnya untuk jurusan instrumentasi, selain karena ilmu instrumentasi yang sangat luas dan jika mengandalkan mata kuliah di kelas saja itu tidak bisa meng-­cover semuanya, open discussion seperti ini juga lebih bersifat aplikatif dan ke-lapangan. Untuk open discussion kedepannya, diharapkan ilmu yang dibahas bisa lebih luas lagi, begitu juga dengan ketepatan waktu dan ruangan yang memadai. “Nanti kedepannya kita lihatlah, tergantung divisi keilmuan sih, kan kalau algoritma dan pemrograman sudah didapat di kelas, jadi mungkin nanti materinya tentang dasar PHP dan MySQL (CRUD), karena itu dasarnya sistem informasi atau kalau kita mau bikin website“, tutur Mas Huda saat kami tanyakan kesediannya menjadi pemateri open discussion lagi. ITARSI Ngoding!

__________

Agussalim (Instrumentasi 3A)

Pondok Betung, 16 November 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *