Perkembangan teknologi yang terjadi sekarang ini membuat banyak program digital dilirik untuk dapat dimanfaatkan secara optimal, tak terkecuali oleh instansi kebanggaan kita, BMKG. Sehingga berbagai kompetisi pun diadakan, guna menunjang kemahiran bagi para calon penerus di BMKG nantinya. Melihat keperluan akan hal itu, kami dari ITARSI pun membuat kegiatan ITARSI Fair sebagai wadah kompetisi teknologi yang berbasis pada kegiatan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika. Namun kami sadari bersama bahwa banyak dari peserta yang masih awam akan pengetahuan teknologi yang akan dikompetisikan, sehingga divisi Elektronika dan Pemrograman ITARSI melaksanakan Open Discussion pada tanggal 2 Juni 2018 dengan topik “Arduino For Measuring Weather Parameters” dengan pemateri Nanda Winata , taruna Instrumentasi 4 A yang merupakan anggota dari divisi Elektronika dan Pemrograman.

Penunjukkan Taruna Nanda Winata sebagai pemateri ini didasari oleh pengetahuan serta pengalaman beliau yang tergolong mahir dalam materi yang dibawakan. Selain itu juga beliau ditemani beberapa crew yang juga sangat membantu beliau serta divisi Elektronika dan Pemrograman dalam menjalankan kegiatan tersebut sehingga bisa berjalan lancar.

PERSIAPAN MATANG UNTUK HASIL MAKSIMAL

Dalam kepengurusan ITARSI periode 2018/2019 , kegiatan ini merupakan open discussion yang pertama kali diadakan, guna menunjang kegiatan besar yang tidak lama lagi akan diselenggarakan di kampus STMKG tercinta, yaitu ITARSI Fair 2018. Jumlah peserta yang hadir pada open discussion kali ini cukup banyak dimana 90 % nya berasal dari tingkat 1 karena mereka yang baru saja lulus dari Sekolah Menengah Atas ini, rata-rata masih awam dengan pemograman, berbeda halnya dengan tingkat 2, 3 maupun 4 yang sudah mendapat lebih banyak materi perkuliahan tentang pemograman. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, tujuan utama dari kegiatan ini adalah para peserta dapat merangkai sensor suhu dan kelembaban dht 11 serta sensor tekanan bmp180 di arduino sebagai persiapan menghadapi kegiatan ITARSI Fair mendatang.

MENIMBA ILMU BERSAMA

Kegiatan Open Discussion seperti ini perlu diadakan setiap seminggu sekali agar para taruna/i jurusan instrumentasi khususnya, bisa saling berbagi ilmu dan nantinya bisa bermanfaat bagi BMKG. Selain itu diharapkan dengan kegiatan seperti ini, para taruna/i bisa saling menambah pengetahuan, dimana sangat banyak pengetahuan-pengetahuan instrumentasi yang mungkin tidak bisa kita dapatkan dalam proses perkuliahan. Semoga untuk open discussion kedepannya perlengkapan-perlengkapan yang memadai dapat lebih dipersiapkan demi terciptanya kelancaran bersama.

Editor : Halis M.Djibran ( Instrumentasi 2 B )
Pondok Betung, 8 Juni 2018

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *