1. GAMBAR IC : Integrated Circuit atau disingkat dengan IC adalah Komponen Elektronika Aktif yang terdiri dari gabungan ratusan, ribuan bahkan jutaan Transistor, Dioda, Resistor dan Kapasitor yang diintegrasikan menjadi suatu Rangkaian Elektronika dalam sebuah kemasan kecil. Maksudnya adalah ITARSI layaknya IC yang mewadahi, mengembangkan dan menyalurkan berbagai kemampuan di jurusan Instrumentasi (design software, elektronika, programming, dll)
  2. JALUR PCB YANG BERWARNA-WARNI : maksudnya adalah ITARSI mampu bersinergi dengan bidang/jurusan lain di STMKG seperti Meteorologi (merah), Klimatologi (hijau), Geofisika (biru tua), dan Instrumentasi (orange) serta mampu menjalin kerjasama dengan kampus lain (biru muda=langit luas, yaitu menjalin kerjasama yang tidak terbatas)
  3. JALUR PCB DI DALAM IC : maksudnya ITARSI memiliki kesolidan di dalam organisasinya dan tekad teguh untuk senantiasa bekerjasama dan bekerja keras untuk kemajuan ITARSI secara khusus dan STMKG serta BMKG secara umumnya
  4. 5 KAKI IC : Dalam melaksanakan kegiatannya ITARSI senantiasa mengacu pada
    – 5 kaki Bagian atas : 5 sila Pancasila (wujud Bakti pada Negara)
    – 5 kaki bagian samping kanan : 5 bidang BMKG yaitu Meteorologi, Maritim, Klimatologi, Geofisika dan INSKAL (wujud bakti pada BMKG)
    – 5 kaki bagian bawah : Janji Taruna (wujud bakti pada STMKG)
  5. WARNA Hitam : Hitam adalah warna tegas, solid, dan kuat. Artinya menggambarkan taruna STMKG yang tergabung dalam ITARSI memiliki jiwa yang tegas dalam bersikap, solid dalam berorganisasi, dan kuat dalam segi pengetahuan