Ikatan Taruna Geofisika Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika yang seterusnya disebut ITARSI-STMKG merupakan suatu organisasi yang berada langsung di bawah bagian Administrasi Akademik, Umum, Ketarunaan dan Kerjasama Pendidikan dengan pengarah Kepala Program Studi Instrumentasi. ITARSI-STMKG merupakan wadah bagi taruna-taruni instrumentasi STMKG untuk mengembangkan pengetahuan dan kemampuan akademik di bidang instrumentasi meteorologi, klimatologi dan geofisika serta kemampuan lain dalam mendukung prestasi kerja di lingkungan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

ITARSI-STMKG mewadahi para taruna-taruni instrumentasi agar selalu meningkatkan kemampuan mereka di bidang sains, ketrampilan, dan kegiatan pengembangan diri lainnya. Kegiatan pengembangan kemampuan untuk taruna dimulai dari  peningkatan kemampuan di bidang rekayasa alat, workshop instrumentasi, pengolahan data, pembuatan artikel populer dan ilmiah, dan  kunjungan ke instansi lain terkait instrumentasi meteorologi, klimatologi, geofisika, dan kualitas udara.

Selain itu, dalam program-program kegiatan yang telah disusun juga ditekankan rasa kebersamaan dan kekeluargaan antar sesama taruna instrumentasi di STMKG, sehingga hasil dari seluruh rangkaian kegiatan  diharapkan memberi manfaat dan nilai tambah khususnya kepada taruna/i instrumentasi di STMKG, yang nantinya dapat diaplikasikan dalam dunia kerja dan membangun BMKG.